Thursday 21 June 2012

Sistem Pendidikan Norwegia -- Tugas mata kuliah Pendidikan Komparatif


1.     Sistem Pendidikan Norwegia
      Kebijakan pendidikan Norwegia berakar pada prinsip kesamaan hak terhadap pendidikan bagi semua anggota masyarakat, tanpa memperhitungkan latar belakang sosial dan budaya atau tempat tinggal. Peranan sekolah adalah menyampaikan pengetahuan dan budaya, serta memajukan mobilitas sosial dan memberikan dasar penciptaan kesejahteraan bagi semua pihak.
Kegiatan mengajar di sekolah Norwegia diadaptasikan dengan kemampuan dan keahlian masing-masing siswa. Pendidikan khusus tersedia bagi penyandang catat tubuh atau mereka yang membutuhkan perhatian khusus, yang jika tidak dipenuhi maka tidak mampu berpartisipasi dalam kegiatan mengajar sekolah umum. Sebagai akibat dari meningkatnya imigrasi, maka jumlah siswa yang memiliki bahasa minoritas juga bertambah. Kebijakan pendidikan Norwegia mengatur perhatian bagi kebutuhan khusus akan siswa dengan latar belakang bahasa minoritas, sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan baik dan melanjutkan ke perguruan tinggi serta kemudian bekerja.

      Storting (majelis nasional Norwegia) dan Pemerintah bertanggung jawab menentukan tujuan dan menetapkan kerangka kerja anggaran untuk sektor pendidikan. Menteri Pendidikan dan Penelitian merupakan agen administratif yang bertanggung jawab terhadap hal-hal pendidikan, dan menerapkan kebijakan pendidikan nasional. Norwegia memiliki sistem sekolah yang seragam dan berdasarkan pada standar umum. Kurikulum nasional telah diperkenalkan untuk memastikan bahwa standar pendidikan pemerintah dipenuhi.
      Pendidikan wajib di Norwegia adalah 10 tahun, terdiri dari primary, lower secondary, dan upper secondary. Pendidikan dasar dan Menengah semenjak berusia 6 tahun. Materi yang diajarkan umumnya meliputi pengetahuan umum, budaya dan etika. Selanjutnya dilanjutkan dengan pendidikan menengah atas yang ditempuh selama 3 tahun dengan materi berimbang antara pengetahuan teoretis dan praktis. Pejabat pendidikan di tingkat daerah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sekolah yang layak dapat diakses oleh anak, kaum muda, dan dewasa di semua kotamadya dan daerah. Kotamadya bertanggunga jawab menjalankan primary dan lower secondary, sementara upper secondary dikelola oleh tingkat daerah.
Pendidikan umum di Norwegia tidak dikenakan biaya hingga dan termasuk tingkat upper secondary. Biaya pendidikan tinggi di semua institusi Negara umumnya tidak mahal. Bantuan Pinjaman Pendidikan Negara didirikan pada tahun 1947, dan memberikan pinjaman pada siswa dan bantuan untuk biaya hidup bagi mereka yang mengikuti program pendidikan tinggi. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia yang ingin melanjutkan sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri.
      Sekolah swasta memberikan sistem tambahan dari sistem sekolah umum. Direktorat Pendidikan mengawasi sekolah menengah dan lanjutan sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Program akademis di sekolah swasta harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam peraturan terkait. Sekolah swasta yang telah diotorisasi berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Sistem pendidikan di Norwegia terdiri dari:
  • Pendidikan dasar dan menengah pertama (wajib belajar), 6 tahun sampai 16 tahun, total 10 tahun
  • Pendidikan menengah atas (pendidikan umum dan pelatihan kejuruan), 16 tahun 19 tahun, total 3 tahun
·         Pendidikan tinggi (universitas dan perguruan tinggi)
      Berikut ini gambaran dari sistem pendidikan di Norwegia, langsung dari pendidikan dasar dan menengah ke pendidikan tinggi.
1)      Pendidikan primer dan sekunder (primary dan lower secondary)
            Pendidikan dasar dan menengah wajib di Norwegia membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk selesai, dan dibagi menjadi sekolah dasar (kelas 1-7, usia 6-13) dan sekolah menengah pertama (kelas 8-10, usia 13-16). Siswa yang menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama berhak mendapat pendidikan tiga tahun dan pelatihan di tingkat menengah atas.
2)      Pendidikan menengah atas (upper secondary)
            Dalam pendidikan menengah atas warga memiliki pilihan antara mengejar pendidikan kejuruan dan pelatihan (yrkesfaglig opplæring) dan program untuk studi umum (studieforberedende opplæring).
·            Pendidikan kejuruan dan pelatihan mengarah ke kejuruan perdagangan atau profesi dan menganugerahkan kualifikasi kejuruan (yrkeskompetanse).
·            Program untuk studi umum memberikan kesempatan siswa untuk masuk kualifikasi pendidikan tinggi dan dengan demikian kesempatan untuk melanjutkan belajar di sebuah perguruan tinggi universitas atau universitas.
Seseorang dapat masuk kualifikasi pendidikan tinggi setelah setidaknya 13 tahun pendidikan sekolah dasar, menengah dan atas di Norwegia.
3)      Folk high school
            Folk high school sangat terkenal di Norwegia, terutama sebagai tahun transisi bagi mereka yang ingin libur antara masa pendidikan sekolah menengah pertama dan menengah atas, atau bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak untuk mempertimbangkan pendidikan selanjutnya dan kesempatan kerja.
            Sekitar 6.000 siswa mengenyam pendidikan di folk high school tiap tahunnya, rata-rata berusia antara 18 dan 25 tahun, dan telah menyelesaikan pendidikan menengah atas. Beberapa folk high school juga menawarkan kursus singkat bagi para senior dan empat diantaranya menawarkan program bagi penyandang cacat. Sekitar 10 persen siswa yang mengikuti pendidikan folk high school merupakan siswa internasional.
            Folk high school menyediakan rumah tinggal yang merupakan bagian penting dari keseluruhan program pendidikan. Program pengajaran melihat siswa dari perspektif holistik, dan dirancang untuk mendorong mereka mengembangkan diri, kehidupan sosial dan akademis mereka. Semua sekolah berukuran kecil, dengan jumlah siswa yang mendaftar antara 60 sampai 100 siswa.
            Folk high school tidak memberikan gelar atau menyelenggarakan ujian resmi. Siswa yang menyelesaikan pendidikan folk high school menerima diploma, tapi sekolah tidak memberikan kualifikasi formal seperti sistem pendidikan umum. Mata pelajaran yang ditawarkan termasuk musik, drama, kehidupan luar, media masa, pendidikan komputer, kerajinan, solidaritas internasional, olah raga dan masih banyak lagi, dan semua siswa diharuskan untuk menghadiri kelas tambahan. Lebih lanjut, setiap sekolah memiliki sejumlah kelas yang wajib dihadiri. 
            Rata-rata folk high school dimiliki dan dijalankan oleh organisasi swasta dan yayasan, namun 10 diantaranya dimiliki oleh otoritas daerah dan kotapraja. Siswa tidak membayar biaya sekolah, namun diharuskan untuk membiayai kehidupan mereka sendiri dan membayar untuk kegiatan darmawisata, kegiatan siswa dan materi studi. Pinjaman siswa dan beasiswa diberikan melalui Dana Pinjaman Pendidikan Negara Norwegia.
4)      Pendidikan kejuruan
            Sekolah pendidikan kejuruan dan pelatihan (fagskoleutdanning) adalah kursus singkat di tingkat tersier yang menyediakan alternatif kejuruan untuk pendidikan tinggi. Semacam ini tentu saja dapat memberikan kualifikasi untuk bekerja di pekerjaan yang berbeda, dari administrasi untuk pengobatan alternatif, mata pelajaran teknis dan administrasi kesehatan, dan sebagainya.
5)      Universitas dan perguruan tinggi
            Sektor pendidikan tinggi terdiri dari program pendidikan di universitas dan akademi. Ada total tujuh universitas, sembilan lembaga universitas khusus dan 36 perguruan tinggi universitas yang terakreditasi di Norwegia.
Lembaga yang menawarkan pendidikan tinggi dapat dibagi menjadi dua sektor:
·         Sektor universitas meliputi enam universitas
·         Sektor universitas perguruan tinggi mencakup 26 regional tersebar perguruan tinggi negeri - salah satunya adalah Vestfold University College.
            Universitas dan perguruan tinggi sebagian besar adalah milik negara dan dijalankan oleh negara. Biaya mengikuti program ini umumnya tergantung pada penyelesaian tiga tahun pendidikan upper secondary. Sebagai peraturan, biaya pendidikan dibebaskan untuk program pendidikan profesional tertentu, program pendidikan khusus dan di beberapa institusi swasta.
            Disamping kegiatan belajar mengajar, semua institusi pendidikan tinggi, dan terutama universitas memiliki tanggung jawab khusus untuk melakukan penelitian dan memberikan pelatihan penelitian, terutama untuk tingkat sarjana dan gelar doktor.
            Tiap institusi memiliki otonomi akademis dan administratif. Seleksi masuk institusi ini didasarkan atas nilai yang diperoleh dari pendidikan menengah atas. Sistem pendidikan di tahap ini terdiri dari pengajaran dan riset. Pendidikan ini umumnya ditempuh selama 4-7 tahun.

Gelar sarjana, master, dan doktor

            Sejak 2003, Norwegia mengikuti perjanjian Bologna untuk sistem pendidikan tinggi di Eropa. Pusat reformasi ini mengikuti sistem 3+2+3 yang terdiri dari 3 tahun pendidikan sarjana (bachelor) , 2 tahun master dan 3 tahun PhD.
            Saat ini secara khusus pemerintah Norwegia mendorong pelajar untuk mengambil pendidikan di bidang matematika, sains dan teknologi.
            Universitas di Norwegia adalah Universitas Oslo (tertua dan terbesar), Universitas Bergen, Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Norwegia (NTNU) di Trondheim, Universitas Tromsø, Universitas Stavanger dan Universitas Pertanian Norwegia di Ås.
            University college dengan jurusan spesialis adalah: Sekolah Ekonomi dan Bisnis Administrasi Norwegia di Bergen, Akademi Musik Norwegia, Sekolah Ilmu Olah Raga Norwegia, Sekolah Ilmu Kedokteran Hewan Norwegia, Sekolah Ilmu Teologi Norwegia (MF), dan Sekolah Arsitektur dan Disain, yang kesemuanya terletak di Oslo. Lebih lanjut, ada dua akademi seni yang terletak di Oslo dan Bergen.
            University college merupakan pelebaran upaya desentralisasi dengan tujuan untuk meningkatkan akses ke perguruan tinggi. Sebanyak 25 university college  menawarkan berbagai program kejuruan yang tidak ditawarkan universitas. Lama belajar umumnya dua hingga empat tahun. Banyak university college juga menawarkan program sarjana tingkat Master dan PhD. Merupakan hal umum bagi siswa untuk menggabungkan kursus dari universitas dan university college.



DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Norwegia diunduh pada tanggal 26 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/studywork/Belajar/higher/ diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/studywork/Belajar/folk/ diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011

4 comments:

  1. Jika ingin melanjutkan S1 di Norwegia, kira2 apa saja yang harus dipersiapkan ya?

    ReplyDelete
  2. Waduh maaf, mas Fery, aku juga kurang tahu tentang itu.
    Coba cek di websitenya kedubes Norway aja www.norwegia.or.id
    Suwun sudah berkunjung ^^

    ReplyDelete
  3. mbak maaf mau nanya. kok saya buka web kedubes norway harus login yah? kebetulan saya ada tugas tentang sistem pendidikan di norway. sumbernya tidak boleh dari blogspot. saya sudah buka daftar pustaka yang diatas tidak bisa dibuka linknya. apakah saya boleh minta bahan jurnal atau web resminya atau link yang bisa dibuka mbak? terimakasih banyak mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. punten, baru buka akun gmail tadi jadi baru tahu kalau kamu kirim pertanyaan >< . . . gimana? kemarin udah bisa?

      Delete