1.
Sistem
Pendidikan Norwegia
Kebijakan pendidikan Norwegia berakar pada prinsip
kesamaan hak terhadap pendidikan bagi semua anggota masyarakat, tanpa
memperhitungkan latar belakang sosial dan budaya atau tempat tinggal. Peranan sekolah adalah menyampaikan pengetahuan dan
budaya, serta memajukan mobilitas sosial dan memberikan dasar penciptaan
kesejahteraan bagi semua pihak.
Kegiatan mengajar di
sekolah Norwegia diadaptasikan dengan kemampuan dan keahlian masing-masing
siswa. Pendidikan khusus tersedia bagi penyandang catat tubuh atau mereka yang
membutuhkan perhatian khusus, yang jika tidak dipenuhi maka tidak mampu
berpartisipasi dalam kegiatan mengajar sekolah umum. Sebagai akibat dari
meningkatnya imigrasi, maka jumlah siswa yang memiliki bahasa minoritas juga
bertambah. Kebijakan pendidikan Norwegia mengatur perhatian bagi kebutuhan
khusus akan siswa dengan latar belakang bahasa minoritas, sehingga mereka dapat
menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan baik dan melanjutkan ke
perguruan tinggi serta kemudian bekerja.
Storting (majelis
nasional Norwegia) dan Pemerintah bertanggung jawab menentukan tujuan dan
menetapkan kerangka kerja anggaran untuk sektor pendidikan. Menteri
Pendidikan dan Penelitian merupakan agen administratif yang bertanggung jawab
terhadap hal-hal pendidikan, dan menerapkan kebijakan pendidikan nasional.
Norwegia memiliki sistem sekolah yang seragam dan berdasarkan pada standar
umum. Kurikulum nasional telah diperkenalkan untuk memastikan bahwa standar
pendidikan pemerintah dipenuhi.
Pendidikan wajib di Norwegia adalah 10 tahun, terdiri dari primary, lower secondary, dan upper
secondary. Pendidikan
dasar dan Menengah semenjak berusia 6 tahun. Materi yang diajarkan umumnya
meliputi pengetahuan umum, budaya dan etika. Selanjutnya dilanjutkan dengan
pendidikan menengah atas yang ditempuh selama 3 tahun dengan materi berimbang
antara pengetahuan teoretis dan praktis. Pejabat
pendidikan di tingkat daerah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sekolah
yang layak dapat diakses oleh anak, kaum muda, dan dewasa di semua kotamadya
dan daerah. Kotamadya bertanggunga jawab menjalankan
primary dan lower secondary, sementara upper
secondary dikelola oleh tingkat daerah.
Pendidikan umum di Norwegia tidak
dikenakan biaya hingga dan termasuk tingkat upper
secondary. Biaya pendidikan tinggi di semua institusi Negara umumnya tidak
mahal. Bantuan Pinjaman Pendidikan Negara didirikan pada tahun 1947, dan
memberikan pinjaman pada siswa dan bantuan untuk biaya hidup bagi mereka yang
mengikuti program pendidikan tinggi. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia
yang ingin melanjutkan sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri.
Sekolah swasta memberikan sistem tambahan dari sistem
sekolah umum. Direktorat Pendidikan mengawasi sekolah menengah dan lanjutan
sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Program akademis di sekolah swasta harus
memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam peraturan terkait. Sekolah swasta
yang telah diotorisasi berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Sistem
pendidikan di Norwegia terdiri dari:
- Pendidikan dasar dan menengah pertama (wajib belajar), 6 tahun sampai 16 tahun, total 10 tahun
- Pendidikan menengah atas (pendidikan umum dan pelatihan kejuruan), 16 tahun 19 tahun, total 3 tahun
·
Pendidikan tinggi
(universitas dan perguruan tinggi)
Berikut ini gambaran dari sistem pendidikan di Norwegia, langsung dari
pendidikan dasar dan menengah ke pendidikan tinggi.
1)
Pendidikan
primer dan sekunder (primary dan lower secondary)
Pendidikan dasar dan menengah wajib
di Norwegia membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk selesai, dan dibagi menjadi
sekolah dasar (kelas 1-7, usia 6-13) dan sekolah menengah pertama (kelas 8-10,
usia 13-16). Siswa yang menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama berhak
mendapat pendidikan tiga tahun dan pelatihan di tingkat menengah atas.
2)
Pendidikan
menengah atas (upper secondary)
Dalam
pendidikan menengah atas warga memiliki pilihan antara mengejar pendidikan kejuruan dan pelatihan
(yrkesfaglig opplæring) dan program untuk studi umum (studieforberedende
opplæring).
·
Pendidikan kejuruan dan pelatihan mengarah ke kejuruan perdagangan
atau profesi dan menganugerahkan kualifikasi kejuruan (yrkeskompetanse).
·
Program untuk studi umum memberikan kesempatan siswa untuk
masuk kualifikasi pendidikan tinggi dan dengan demikian kesempatan untuk
melanjutkan belajar di sebuah perguruan tinggi universitas atau universitas.
Seseorang dapat masuk kualifikasi
pendidikan tinggi setelah setidaknya 13 tahun pendidikan sekolah dasar,
menengah dan atas di Norwegia.
3)
Folk
high school
Folk high school sangat terkenal di
Norwegia, terutama sebagai tahun transisi bagi mereka yang ingin libur antara
masa pendidikan sekolah menengah pertama dan menengah atas, atau bagi mereka
yang ingin beristirahat sejenak untuk mempertimbangkan pendidikan selanjutnya
dan kesempatan kerja.
Sekitar 6.000 siswa mengenyam
pendidikan di folk high school tiap tahunnya, rata-rata berusia antara 18 dan
25 tahun, dan telah menyelesaikan pendidikan menengah atas. Beberapa folk high
school juga menawarkan kursus singkat bagi para senior dan empat diantaranya
menawarkan program bagi penyandang cacat. Sekitar 10 persen siswa yang
mengikuti pendidikan folk high school merupakan siswa internasional.
Folk high school menyediakan rumah
tinggal yang merupakan bagian penting dari keseluruhan program pendidikan.
Program pengajaran melihat siswa dari perspektif holistik, dan dirancang untuk
mendorong mereka mengembangkan diri, kehidupan sosial dan akademis mereka.
Semua sekolah berukuran kecil, dengan jumlah siswa yang mendaftar antara 60
sampai 100 siswa.
Folk high school tidak memberikan
gelar atau menyelenggarakan ujian resmi. Siswa yang menyelesaikan pendidikan
folk high school menerima diploma, tapi sekolah tidak memberikan kualifikasi
formal seperti sistem pendidikan umum. Mata pelajaran yang ditawarkan termasuk
musik, drama, kehidupan luar, media masa, pendidikan komputer, kerajinan,
solidaritas internasional, olah raga dan masih banyak lagi, dan semua siswa
diharuskan untuk menghadiri kelas tambahan. Lebih lanjut, setiap sekolah
memiliki sejumlah kelas yang wajib dihadiri.
Rata-rata folk high school dimiliki
dan dijalankan oleh organisasi swasta dan yayasan, namun 10 diantaranya
dimiliki oleh otoritas daerah dan kotapraja. Siswa tidak membayar biaya
sekolah, namun diharuskan untuk membiayai kehidupan mereka sendiri dan membayar
untuk kegiatan darmawisata, kegiatan siswa dan materi studi. Pinjaman siswa dan
beasiswa diberikan melalui Dana Pinjaman Pendidikan Negara Norwegia.
4)
Pendidikan
kejuruan
Sekolah pendidikan kejuruan dan
pelatihan (fagskoleutdanning) adalah kursus singkat di tingkat tersier yang
menyediakan alternatif kejuruan untuk pendidikan tinggi. Semacam ini tentu saja
dapat memberikan kualifikasi untuk bekerja di pekerjaan yang berbeda, dari administrasi
untuk pengobatan alternatif, mata pelajaran teknis dan administrasi kesehatan, dan
sebagainya.
5)
Universitas
dan perguruan tinggi
Sektor pendidikan tinggi terdiri dari program
pendidikan di universitas dan akademi. Ada
total tujuh universitas, sembilan lembaga universitas khusus dan 36 perguruan
tinggi universitas yang terakreditasi di Norwegia.
Lembaga
yang menawarkan pendidikan tinggi dapat dibagi menjadi dua sektor:
·
Sektor universitas meliputi
enam universitas
·
Sektor universitas perguruan
tinggi mencakup 26 regional tersebar perguruan tinggi negeri - salah satunya
adalah Vestfold University College.
Universitas dan perguruan tinggi
sebagian besar adalah milik negara dan dijalankan oleh negara. Biaya mengikuti program ini umumnya tergantung pada
penyelesaian tiga tahun pendidikan upper
secondary.
Sebagai
peraturan, biaya pendidikan dibebaskan untuk program pendidikan profesional
tertentu, program pendidikan khusus dan di beberapa institusi swasta.
Disamping kegiatan belajar mengajar,
semua institusi pendidikan tinggi, dan terutama universitas memiliki tanggung
jawab khusus untuk melakukan penelitian dan memberikan pelatihan penelitian,
terutama untuk tingkat sarjana dan gelar doktor.
Tiap
institusi memiliki otonomi akademis dan administratif. Seleksi masuk institusi ini
didasarkan atas nilai yang diperoleh dari pendidikan menengah atas. Sistem
pendidikan di tahap ini terdiri dari pengajaran dan riset. Pendidikan ini
umumnya ditempuh selama 4-7 tahun.
Gelar sarjana, master, dan doktor
Sejak 2003, Norwegia mengikuti perjanjian
Bologna untuk sistem pendidikan tinggi di Eropa. Pusat reformasi ini mengikuti
sistem 3+2+3 yang terdiri dari 3 tahun pendidikan sarjana (bachelor) , 2 tahun
master dan 3 tahun PhD.
Saat ini secara khusus pemerintah Norwegia mendorong
pelajar untuk mengambil pendidikan di bidang matematika, sains dan teknologi.
Universitas
di Norwegia adalah Universitas Oslo
(tertua dan terbesar), Universitas Bergen, Universitas Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi Norwegia (NTNU) di Trondheim, Universitas Tromsø, Universitas
Stavanger dan Universitas Pertanian Norwegia di Ås.
University
college dengan jurusan spesialis adalah: Sekolah Ekonomi dan Bisnis
Administrasi Norwegia di Bergen, Akademi Musik Norwegia, Sekolah Ilmu Olah Raga
Norwegia, Sekolah Ilmu Kedokteran Hewan Norwegia, Sekolah Ilmu Teologi Norwegia
(MF), dan Sekolah Arsitektur dan Disain, yang kesemuanya terletak di Oslo.
Lebih lanjut, ada dua akademi seni yang terletak di Oslo dan Bergen.
University
college merupakan pelebaran upaya desentralisasi dengan tujuan untuk
meningkatkan akses ke perguruan tinggi. Sebanyak 25 university college
menawarkan berbagai program kejuruan yang tidak ditawarkan universitas. Lama
belajar umumnya dua hingga empat tahun. Banyak university college juga
menawarkan program sarjana tingkat Master dan PhD. Merupakan hal umum bagi
siswa untuk menggabungkan kursus dari universitas dan university college.
DAFTAR PUSTAKA
http://rgultom.multiply.com/journal/item/1?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
diunduh pada tanggal 26 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/About_Norway/policy/Kesejahteraan/mariannetest/
diunduh pada tanggal 26 Oktober 2011
http://jadiberita.com/blog/2011/07/04/fakta-fakta-unik-dari-norwegia/
diunduh pada tanggal 26 Oktober 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Norwegia
diunduh pada tanggal 26 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/studywork/Belajar/higher/
diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/studywork/Belajar/folk/
diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
http://www.norwegia.or.id/About_Norway/culture/literature/scientific/
diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
http://www.hive.no/norwegian-educational-system/category2328.html
diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
http://www.nokut.no/en/INVIA-en/I-want-to-study/Studying-in-Norway/The-Norwegian-educational-system/
diunduh pada tanggal 28 Oktober 2011
Jika ingin melanjutkan S1 di Norwegia, kira2 apa saja yang harus dipersiapkan ya?
ReplyDeleteWaduh maaf, mas Fery, aku juga kurang tahu tentang itu.
ReplyDeleteCoba cek di websitenya kedubes Norway aja www.norwegia.or.id
Suwun sudah berkunjung ^^
mbak maaf mau nanya. kok saya buka web kedubes norway harus login yah? kebetulan saya ada tugas tentang sistem pendidikan di norway. sumbernya tidak boleh dari blogspot. saya sudah buka daftar pustaka yang diatas tidak bisa dibuka linknya. apakah saya boleh minta bahan jurnal atau web resminya atau link yang bisa dibuka mbak? terimakasih banyak mbak :)
ReplyDeletepunten, baru buka akun gmail tadi jadi baru tahu kalau kamu kirim pertanyaan >< . . . gimana? kemarin udah bisa?
Delete